Minggu, 19 Oktober 2014

Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Kesehatan Fisik

Selama ini, orang memelihara hewan karena mereka dapat menjadi teman yang baik, sahabat yang setia. Tetapi ternyata, memelihara hewan juga dapat membantu menjaga kesehatan majikannya. Anda mungkin akan terkejut ketika mengetahui bahwa banyak manfaat yang bisa didapat dari hewan peliharaan bisa meningkatkan kesehatan si pemiliknya. Berikut adalah manfaat-manfaatnya. EFEK TERHADAP FISIK (JASMANI) Ada beberapa pengaruh hewan peliharaan terhadap kesehatan jasmani kita, antara lain :

Mencegah Tingginya Tekanan Darah.

Memiliki hewan peliharaan dapat membantu Anda mengelola tekanan darah. Salah satu penelitian menyimpulkan bahwa orang yang memiliki hewan peliharaan memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibanding orang yang tidak memiliki binatang peliharaan. Penelitian lain menunjukkan bahwa pengidap hipertensi dapat mengalami penurunan tekanan darah ketika membelai anjing.

Membantu Menurunkan Kolesterol.

Untuk mengelola kolesterol, dokter masih menyarankan mengikuti pedoman diet, olahraga, dan pengobatan. Tetapi hewan peliharaan ternyata juga memiliki pengaruh terhadap turunnya kadar kolestrol dan trigliserida. Pasalnya, hewan peliharaan tentunya akan membuat aktivitas majikannya bertambah dengan merawat dan mengajaknya bermain, sehingga secara tidak langsung majikannya berolahraga. Dengan demikian, kadar kolestrol dalam tubuh pun turun dengan olahraga.

Baik untuk Jantung.

Penderita penyakit jantung yang memiliki hewan peliharaan, dapat hidup lebih lama dibanding mereka yang tidak memiliki sama sekali. Salah satu penelitian menemukan bahwa orang yang tidak memiliki peliharaan memiliki resiko lebih tinggi untuk meninggal karena serangan jantung. Beberapa studi lain pun menyatakan demikian. Secara keseluruhan, pemilik hewan peliharaan memiliki risiko kematian lebih rendah akibat penyakit jantung.

Kebugaran Fisik Lebih Bagus.

Orang yang memiliki anjing cenderung lebih aktif secara fisik daripada orang yang tidak memiliki anjing. Mengajak anjing berjalan-jalan 30 menit setiap hari akan membuat tubuh tetap bergerak dan memastikan tubuh melakukan aktivitas fisik yang sehat.

Mengatasi Obesitas.

Anjing membuat Anda lebih aktif karena harus mengajaknya berlari dan bermain di luar rumah. Karena itu, kecil kemungkinan bagi pemiliknya untuk mengalami obesitas.

Mengurangi Alergi .

Mungkin hal ini bertolak belakang dengan anggapan yang selama ini beredar, namun para peneliti telah menemukan bahwa anak yang tumbuh dengan memiliki anjing atau kucing dapat mengurangi risiko asma dan alergi. Sebuah studi tahun 2004 di University of Wisconsin anak yang tumbuh dengan memiliki anjing di rumah memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan lebih efektif memerangi masalah pernafasan kronis. Para peneliti telah mencatat bahwa anak-anak yang tumbuh dalam sebuah rumah yang ada anjing atau kucing jarang mengalami alergi. Hal yang sama berlaku untuk anak-anak yang tinggal di peternakan dengan hewan besar.

Meningkatkan Imunitas.

Pemilik hewan peliharaan ternyata memiliki tingkat sistem kekebalan yang lebih tinggi dan menunjukkan aktivasi sistem imun yang lebih kuat, yang akan membantu mereka tetap sehat sampai usia tua.

Menguatkan Tulang.

Tulang yang kuat dapat mencegah terjadinya osteoporosis dan patah tulang. Penelitian membuktikan bahwa berjalan-jalan dengan anjing dapat membantu menguatkan tulang. Kegiatan ini merupakan latihan menahan beban yang memperkuat tulang dan otot-otot. Hal ini juga memungkinkan Anda menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, yang mengubah provitamin D menjadi vitamin D yang aktif dan bisa dipakai tubuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar