Senin, 06 Oktober 2014

Tips Mencairkan Penagihan Pekerjaan Jasa

 Bagi seorang freelancer mungkin kerap mengalami kesulitan dana karena pembayaran dari klien terhambat. Sudah coba menagih pembayaran pada klien, tapi masih sering menerima pembayaran dengan tengat waktu yang tak sesuai? Hal ini terjadi mungkin saja saat Anda menerima pekerjaan tanpa memikirkan bagaimana cara agar pembayaran bisa turun dengan cepat dan tak ditunda-tunda lagi oleh klien. Tentu hal seperti ini dapat menghambat pekerjaan atau menurunkan kinerja Anda, bukan. Oleh karena itu laman Inc berbagi trik jitu untuk Anda agar mendapatkan pembayaran dengan cepat dari klien Anda.

1. Tidak memiliki piutang sama sekali

Usahakan untuk menerima pembayaran di awal sebanyak-banyaknya. Dengan begini Anda jadi tak perlu lagi merasa was-was saat pelunasan terlambat dilakukan. Caranya mudah saja, mintalah klien Anda memberikan DP sebesar 50% atau mungkin lebih banyak. Jangan ragu dalam hal ini.

2. Dapatkan seluruh pembayaran di awal

Carilah kemungkinan untuk meminta klien Anda membayar semua total biaya yang ada di awal kesepakatan. Hal ini bisa terjadi bila Anda mendapatkan klien cukup besar, tawarkan diskon untuk klien yang substansial. Dengan melakukan pendekatan-pendekatan yang baik hal ini bisa berjalan dengan lancar, terutama jika Anda memang sudah memiliki reputasi yang kredibel, sehingga sang klien pun tak akan merasa khawatir membayar penuh pada Anda.

3. Tidak ada uang? Tidak ada kerja
Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan tidak bekerja jika klien tidak membayar sesuai dengan tengat waktu yang sudah Anda sepakati bersama. Jangan terlalu berbaik hati, Anda juga tak perlu memulai pekerjaan jika pembayaran tak jelas.

4. Angsuran mudah

Saat Anda menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan menerima pembayaran sesuai dengan waktu kesepakatan, maka semakin lancur arus kas yang mengalir. Kebanyakan orang akan membayar setengah harga di awal dan di akhir. Tapi Anda bisa mencoba metode baru dengan meminta pembayaran secara berkala, misalnya dengan minta sang klien menyicil 10% biaya tiap bulannya.

5. Kirim tagihan secepatnya

Semua pekerjaan telah rampung, maka segerakan untuk mengirim tagihan pada klien Anda. Karena ada saja klien yang jarang membayar dengan tepat waktu.

6. Mengingatkan Klien

Jangan lupa untuk langsung menindak lanjuti pembayaran Anda dengan jangka waktu 15 hari. Anda tak perlu segan dan malu untuk mengingatkan klien melalui surel atau berikan diskon bagi klien yang mau membayar dengan cepat. Hal ini mungkin akan riskan membuat harga jual Anda jadi menurun, tapi patut dicoba untuk klien yang sering kali membayar terlambat.

7. Berikan Diskon dan Penalti

Para ahli kerap kali menyarankan untuk memberikan diskon sebanyak 2% bagi klien yang mau membayar sesuai tengat waktu kesepakatan. Atau setidaknya dalam waktu 30 hari. Jangan ragu untuk membebankan bunga bagi yang membayar terlambat. Sayangnya ada banyak wirausahawan yang tak sepaham dengan aturan main ini, karena jika mereka ingin diskon, mereka akan memintanya pada Anda. Sementara memberikan bunga sebagai penalti, bisa membuat hubungan Anda dengan klien jadi renggang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar